6 Sumber Pendanaan Bisnis Waralaba Franchise yang Wajib Anda Ketahui

Meskipun untuk memulai sebuah bisnis waralaba franchise ada beberapa tahapan proses yang tidak Anda lakukan sebagai penyumbang dana, namun ada beberapa hal yang wajib untuk dipersiapkan seperti layaknya bisnis pada umumnya. Diantaranya adalah peralatan, lokasi serta inventori untuk memulai sebuah bisnis waralaba atau franchise. Tidak semua bisnis waralaba membutuhkan dana yang banyak, ada beberapa jenis usaha warabala yang justru dapat berjalan dengan pendanaan yang sedikit.

Namun bukan berarti Anda menyepelekan urusan modal pendanaan yang ingin digunakan untuk menjalankan sebuah usaha waralaba atau franchise. Pasalnya ada beberapa hal yang wajib Anda bayar sebagai investor waralaba, diantaranya adalah franchise fee serta royalty and advertising fee sebagai dana pengganti dari biaya training, prosedur serta pemasaran yang telah disiapkan sebelumnya oleh franchisor atau penyedia bisnis waralaba.

Jika Anda tidak ingin memulai bisnis waralaba dengan pendanaan yang besar, mungkin bisnis waralaba kue balok dapat dijadikan sasaran berbisnis yang paling jitu untuk menjajaki dunia bisnis yang sesungguhnya. Melalui bisnis waralaba kue balok tersebut nantinya Anda bisa berlatih mengenai berbagai hal dalam menjalankan sebuah usaha waralaba.

Namun, jika Anda bingung mencari modal pendanaan untuk memulai usaha waralaba kue balok. Tenang saja, sebab kami memiliki beberapa referensi dan rekomendasi mengenai sumber pendanaan bisnis waralaba franchise yang dapat membantu Anda untuk sejenak merintis waralaba yang dijalankan. Lantas, apa saja pertimbangan sumber pendanaan franchise? Inilah ulasan menggenai 6 sumber dana bisnis waralaba franchise yang dapat Anda jadikan referensi.

6 Sumber Pendanaan Bisnis Waralaba Franchise yang Wajib Anda Ketahui

1. Dana dari Franchisor

Sejatinya bisnis waralaba atau franchise ini bukanlah milik individu, namun milik dari franchisor atau penyedia waralaba serta franchise yang merupakan penerima waralaba. Oleh karena itu untuk mencari sumber dana bisnis waralaba franchise Anda dapat berkoordinasi dengan franchisor dalam membantu pengembangan bisnis waralaba yang dijalankan. Biasanya para franchisor akan bekerja sama dengan para agen peminjaman uang terlebih dahulu menyuplai seluruh pendanaan yang dibutuhkan dalam pengembangan bisnis waralaba.

Namun meski kedua pihak memiliki hak dan kewajiban sama dalam kemajuan serta kesuksesan waralaba yang dibangun, tak sedikit para franchisor yang justru enggan untuk membantu para penerima waralaba dalam mencari sumber pendanaan. Biasanya ada beberapa ketentuan dan syarat tertentu yang harus disepakati sebelum mencairkan dana yang dikehendaki, sehingga hal tersebut bukanlah hal yang tepat untuk memulai sebuah bisnis waralaba franchise.

2. Dana dari Franchise Financing Company

Jika sumber pendanaan bisnis waralaba franchise yang pertama dianggap kurang tepat, mungkin mencari sumber dana dari Franchise Financing Company bisa menjadi alternative lain. Franchise Financing Company merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pendanaan bisnis waralaba dengan cara menemukan peminjam serta pendana yang sesuai dengan jenis usaha waralaba. Dengan begitu perusahaan ini akan membantu kedua belah pihak untuk mencapai sebuah kesepakatan.

Seiring perkembangan zaman kini jasa Franchise Financing Company sudah didukung dengan kemutakiran teknologi yang menerapkan layanan secara online (Online Loan Portals). Nah nantinya melalui layanan online ini memungkinkan pengajuan pendanaan yang Anda lakukan akan diriview secara langsung oleh beberapa pendana lainnya, sehingga peluang pengajuan pendanaan Anda diterima jauh lebih besar.

3. Pinjaman Dana Tradisional

Terkadang banyak franchise yang kurang percaya terhadap pendana melalui jaringan online, nah mungkin pinjaman dana tradisional atau melalui bank ini dapat Anda jadikan acuan sumber pendanaan bisnis waralaba franchise yang digeluti. Banyak bank yang mensetujui pendanaan para penerima waralaba untuk menjalankan bisnisnya, hal ini dikarenakan bisnis waralaba telah terbukti akan kesuksesannya. Namun meskipun demikian, karena dana yang dibutuhkan dalam menjalankan waralaba ini terbilang cukup besar, biasanya Anda harus mempersiapkan jaminan bergantung terhadap merek waralaba yang dipilih.

4. Pinjaman Dana SBA

Pinjaman SBA (Small Bussiness Administration) merupakan sumber pendanaan bisnis waralaba franchise yang sangat umum sekali dilakukan. Perusahaan SBA merupakan sebuah perusahaan pendanaan dari Amerika Serikat yang membantu pengusaha baru dalam hal pendanaan, pelatihan, konsultasi keuangan, hingga konsultasi managemen. Namun untuk mengajukan sumber dana dari perusahaan ternama ini bukanlah suatu hal yang mudah, pasalnya harus melalui serangkaian prosedur yang cukup rumit.

Oleh sebab itu disarankan untuk menggunakan jasa sumber daya manusia yang ahli dalam bidang pengajuan pinjaman dana SBA. Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika melalukan pengajuan pinjaman dana ke perusahaan SBA. Pasalnya SBA jarang sekali memberikan pinjaman secara langsung dan biasanya Anda harus menyertakan beberapan jaminan supaya pinjaman Anda segera cair.

5. Dana Pensiun

Dalam membangun bisnis waralaba, Anda bisa menggunakan dana pensiun sebagai sumber dana waralaba. Tetapi perlu Anda garis bawahi ada beberapa persyaratan serta ketentuan khusus yang cukup rumit dan ketat yang wajib untuk dipatuhi. Oleh karena itu ketika hendak mengajukan pendanaan Anda bisa meminta bantuan kepada tenaga ahli supaya dana yang diajukan cepat cair.

Biasanya jika menggunakan dana pensiun sebagai modal pendanaan untuk menjalankan sebuah bisnis maka Anda akan dikenakan bunga atas sejumlah dana yang Anda gunakan. Namun jikalau sebelumnya Anda sudah meinvestasikan banyak uang ke dalam dana pensiun, maka hal tersebut merupakan sebuah solusi pendanaan bisnis yang paling tepat.

6. Dana Leasing

Leasing atau sewa-guna-usaha ini juga dapat Anda jadikan alternatif sumber pendanaan bisnis waralaba franchise. Hanya saja pendanaan oleh pihak bank atau lembaga keuangan ini berbentuk barang-barang modal yang dapat Anda gunakan dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya pada akhir masa kontrak peminjam akan diberikan beberapa pilihan untuk membeli objek sewa-guna-usaha berdasarkan nilai sisa yang telah disepakati sebelumnya. Sebelum menentukan jenis leasing yang terbaik yang cocok dengan jenis usaha waralaba yang Anda jalankan, bandingkan terlebih dahulu varian dari beberapa leasing yang diajukan. Pasalnya setiap leasing akan hadir dengan banyak variasi serta kriteria yang berbeda-beda.

Dari 6 sumber pendanaan bisnis waralaba franchise Anda juga bisa menggabungkan atau mengkombinasikan beberapa sumber pendanaan sekaligus. Selain untuk memaksimalkan sumber pendanaan tentunya juga mampu memenuhi kebutuhan dana yang Anda butuhkan dalam mengoperasionalkan bisnis waralaba yang digeluti.

Nah, jika Anda merasa sumber pendanaan bisnis franchise untuk menjalankan waralaba kue balok kurang memenuhi kebutuhan dalam melancarkan usaha. Maka, bisa mengkombinasikannya dengan beberapa sumber pendanaan lainnya.

Namun sebelum memutuskan memadukan sumber pendanaan waralaba, alangkah lebih baiknya jikalau konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli keuangan, supaya Anda tak salah jalan dalam mengambil sebuah keputusan keuangan. Itulah ulasan menarik mengenai 6 sumber pendanaan bisnis waralaba franchise yang dapat digunakan sebagai solusi pinjaman dana ketika hendak memulai sebuah bisnis waralaba. Selamat mencoba dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *