10 Tips Sukses Memulai Bisnis Waralaba Franchise untuk Pemula

10 Tips Sukses Memulai Bisnis Waralaba Franchise untuk Pemula

Kini bisnis waralaba atau franchise sedang digandrungi banyak orang, terlebih bagi para calon pebisnis muda yang hendak terjun di dunia bisnis. Mengingat selain mudah, Anda hanya perlu menyuplai modal yang dibutuhkan untuk menekuni usaha ini hingga keuntungan datang menghampiri. Usaha waralaba atau franchise merupakan sebuah usaha bersama, dimana setiap pemilik modal atau investor akan mengajukan kerjasama kepada para pemilik franchise atau yang biasa disebut dengan franchisor sehingga akan menciptakan suatu jalinan kerjasama yang saling menguntungkan.

Tak melulu menggunakan modal besar, pasalnya usaha yang memiliki peluang yang sama layaknya bisnis konvensiaonal ini juga bisa dijalankan dengan modal kecil dengan keuntungan yang cukup besar. Nah, salah satu contoh bisnis waralaba yang tidak menggunakan modal besar namun memberikan keuntungan yang berlipat adalah usaha kue balok. Kue tradisional khas kota Bandung atau Jawa Barat ini kini memang sedang menjadi makanan kekinian bagi para generasi milenial atau pecinta kuliner. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jikalau Anda mencoba keberuntungan dalam menjalankan bisnis waralaba kue balok ini.

Namun ada beberapa kiat sukses memulai bisnis waralaba untuk pemula yang wajib Anda perhatikan dan pahami dengan seksama. Pasalnya beberapa trik sukses bisnis waralaba ini akan mempengaruhi besarnya keuntungan atau pendapatan Anda. Lantas apa sajakah tips sukses waralaba untuk pemula?

Tips Sukses Bisnis Waralaba Franchise untuk Pemula

1. Pilih waralaba yang mudah dijalankan

Ada banyak sekali usaha waralaba yang dapat Anda jadikan referensi mulai dari jasa laundry, jasa pembersih helm, hingga jasa kuliner. Berbicara mengenai kuliner memang bisnis kuliner ini tidak ada matinya, pasalnya selain memiliki banyak sekali varian jenis makanan seiring perkembangan waktu banyak sekali trend-trend makanan kekinian yang bermunculan, seperti misalnya kue balok.

Kue balok ini merupakan rekomendasi bisnis waralaba yang bisa ditekuni bagi para wirausahawan yang baru pertama kali berkutat di dunia bisnis. Selain mudah dan praktis, menjalankan bisnis waralaba kue balok ini juga tidak terlalu menyita waktu dan pikiran. Sehingga, tak heran jikalau peluang keuntungan yang dimiliki bisnis waralaba kue balok ini sangat mengiyurkan.

2. Pilih waralaba denga harga produk terjangkau

Dalam menjalankan sebuah bisnis faktor harga merupakan hal penting yang waib diperhatikan selain kualitas serta kepopuleran produk di masyarakat umum. Nah, kue balok mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi bisnis waralaba atau franchise yang sesuai dengan kriteria menjalankan bisnis waralaba bagi pemula.

Pasalnya selain mudah dan praktis harga yang dibatok untuk satu porsi kue balok ini lumayan terjangkau oleh mayoitas masyarakat. Selain murah dan ekonomis kualitas rasa yang tercipta juga amat sangat melegenda sehingga mampu menggoyang lidah Anda dengan sensasi rasa pengalaman baru.

3. Pilih waralaba yang banyak di cari konsumen

Nah sebagai calon entrepreneur, Anda harus bijak dalam memilih bisnis waralaba yang akan digeluti. Meskipun kini sudah banyak sekali berkembang aneka macam usaha waralaba namun sepertinya bisnis waralaba kuliner masih sangat merajai di dunia bisnis. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya usaha kuliner yang berdiri disetiap sudut kota.

Salah satu contoh usaha waralaba yang bermodal kecil namun menghasilkan keuntungan yang banyak adalah kue balok. Namun supaya Anda tidak salah dalam menentukan jenis usaha maka lakukanlah survey terlebih dahulu mengenai jenis usaha waralaba yang akan Anda jalankan.

4. Pilih waralaba dengan pelayanan yang baik

Perlu Anda garis bawahi bahwa usaha waralaba atau franchise yang dimiliki ini bukanlah sepenuhnya milik Anda. Oleh sebab itu Anda dituntut untuk pintar-pintar dalam memilih waralaba untuk memberikan pelayanan yang berkaitan dengan usaha waralaba yang dijalankan.

5. Pilih waralaba yang dekat dengan rumah

Meskipun kini usaha waralaba sudah memiliki jaringan yang luas, namun upayakan untuk bergabung dengan waralaba yang berdomisili dekat dengan kediaman Anda. Pasalnya hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui informasi tentang usaha tersebut. Tak hanya itu pemilihan lokasi waralaba yang dekat juga akan mempermudah proses Anda dalam menjalankannya.

6. Jangan membeli waralaba hanya untuk uang

Tak sedikit calon pengusaha membeli waralaba hanya untuk mendapatkan keuntungan yang banyak dalam usaha yang dijalankan. Namun tahukah Anda bahwa pemikiran tersebut sejatinya merupakan sebuah kekeliruan yang sangat fatal. Sebab, dengan tujuan yang salah Anda tak akan mendapatkan gairah serta ketahanan dalam menjalankan sebuah bisnis.

7. Ambil Kontrol

Keberhasilan sebuah bisnis waralaba sebagian juga merupakan tanggung jawab yang harus dipikul, pasalnya hal tersebut merupakan sebuah daya tarik dalam melakukan sebuah usaha.

Oleh sebab itu alokasikan sebagian waktu Anda untuk mengontrol jalannya usaha waralaba. Seperti misalnya dalam pengadaan pembelian bahan, alat-alat serta semua hal yang menyangkut dengan perkembangan bisnis waralaba.

8. Selalu Berfikir Positif

Untuk mencapai sebuah tujuan dalam membanguan usaha waralaba, wajib didukung dengan sikap mental serta pikiran yang selalu positif. Pasalnya sikap mental yang baik dan diimbang dengan pikiran yang selalu positif mampu mempengaruhi kinerja serta hubungan antara Anda dengan para pekerja lainnya dalam mencapai tujuan berbisnis franchise

9. Jangan pernah berhenti memasarkan

Selalu gancar dalam melakukan penjualan serta pemasaran produk secara terus menerus. Sebab hal tersebut bukan hanya tanggung jawab pemilih waralaba saja namun Anda juga memiliki tanggung jawab yang besar dalam hal pemasaran serta penjualan produk. Untuk menggali ide serta inspirasi sasaran penjualan, lakukanlah sharing atau diskusi khusus dengan pemilik waralaba supaya mendapatkan titik temu bagi kelancaran bisnis tersebut.

10. Ekspektasi Keuangan

Jika bisnis waralaba yang Anda tekuni berkembang maka tentunya royalty atau pendapatan yang didapatkan juga akan besar. Namun sebelum membagi royalty yang didapat kepada anggota yang bergabung, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian anggaran guna menyewa tempat, uang makan, gaji karyawan hingga pengadaan barang. Susunlah rincian anggaran secara terperinci dan perhitungan yang matang, jangan sampai Anda merugi karena tidak melakukan perhitungan secara matang dari royalti yang didapatkan.

Setelah membaca tips sukses memulai bisnis waralaba untuk pemula, apakah Anda sudah memiliki gambaran mengenai jenis usaha apa yang ingin Anda geluti? Sekedar rekomendasi untuk Anda pilihkan usaha yang berkaitan dengan kuliner, pasalnya bisnis kuliner dari tahun ke tahun tidak akan pernah ada matinya.

Dari sekian banyak jenis usaha kuliner, mungkin bisnis waralaba kue balok bisa dijadikan referensi bisnis bagi pemula. Selain mudah dan praktis, kue balok ini juga sudah memiliki peminat yang cukup banyak di tanah air. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya ragam kue balok di beberapa daerah dengan inovasi baru. Demikianlah 10 tips sukses bisnis waralaba untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *