10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lokasi Bisnis Waralaba

10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lokasi Bisnis Waralaba

Dalam menjalankan sebuah bisnis baik itu bisnis waralaba maupun bisnis konvensional hendaknya mempertimbangkan lokasi berdirinya usaha yang akan dikembangkan. Pasalnya pemilihan lokasi yang tepat akan mempengaruhi kesuksesan serta keuntungan pendapatan yang diperoleh pengusaha yang menjalankan sebuah bisnis.

Sama seperti bisnis konvensional lainnya, Anda juga harus mempertimbangkan betul mengenai hal-hal dalam pemilihan lokasi bisnis waralaba. Bisnis waralaba memiliki sistem yang mudah Anda hanya membeli sebuah hak usaha kepada franchisor atau pemilih waralaba untuk menjalankan sebuah bisnis tertentu. Maka tak heran jikalau pengusaha baru lebih cenderung memilih bisnis waralaba atau franchise untuk menjajaki dunia bisnis yang sebenarnya.

Meskipun nampak sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu dan pikiran yang banyak dalam memulai bisnis waralaba ini, namun belum tentu bisnis tersebut akan mengalami kemudahan pada tahap pelaksanaannya. Pasalnya masih banyak sekali pengusaha waralaba yang belum mengetahui secara pasti dalam pemilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat bisnis waralaba.

Tidak hanya strategi namun sebelum Anda memutuskan untuk menggelontorkan biaya investasi bisnis waralaba, hendaknya mengetahui secara pasti lokasi bisnis yang dijadikan sebagai tempat untuk memasarkan produk-produknya. Jikalau lokasinya tidak strategis, maka harus mempersiapkan sumber pendanaan tambahan untuk menyewa tempat di lokasi-lokasi strategis.

Tetapi biasanya lokasi-lokasi usaha yang representative akan mematok biaya sewa yang jauh lebih tinggi. Oleh karena itu sebelum menentukan lokasi bisnis waralaba, ketahulah 10 hal yang harus diperhatikan saat memilih lokasi bisnis waralaba yang baik dan benar seperti di bawah ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Lokasi Bisnis Waralaba

1. Strategi Bisnis

Strategi bisnis ini merupakan hal yang harus di perhatikan saat memilih lokasi bisnis waralaba, sebab nantinya stategi bisnis yang dilakukan akan berhubungan dengan jenis bisnis waralaba yang akan di jalankan. Seperti misalnya jikalau Anda ingin memulai bisnis waralaba kue balok, tentunya Anda harus menyisir lokasi-lokasi yang dilalui banyak orang seperti daerah kampus, pusat perbelanjaan hingga tempat-tempat lainnya yang ramai. Namun jikalau Anda tak ingin kesusahan ketika harus berpindah lokasi, maka Anda bisa menggunakan booth container untuk menjalankan bisnis waralaba.

2. Lalu Lintas Pejalan Kaki

Sama seperti bisnis konvensional pada umumnya, usaha waralaba juga membutuhkan lokasi yang ramai untuk menjual produknya. Apabila lokasi usaha waralaba yang Anda jalankan berada jauh dari keramaian dan lalu lalang orang maka potensi bisnis waralaba sangat sulit untuk dikembangkan. Anda akan mengalami kesulitan ketika ingin mempromosikan produk dari bisnis waralaba yang dijalankan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis waralaba pastikan bahwa lokasi tempat untuk mempromosikan produk berada di lokasi-lokasi strategis dan di lalui banyak orang.

3. Pahami Target Pasar

Pemilihan lokasi bisnis waralaba hendaknya disesuaikan dengan target calon konsumen yang ingin Anda sasar. Seperti misalnya jikalau hendak membuka bisnis waralaba kuliner berupa kue balok, maka sebaiknya Anda memilih lokasi yang dekat dengan tempat wisata atau tempat nongkrong khalayak ramai. Meskipun tidak semua komunitas memiliki tingkat kemampuan belanja yang sama, namun pemilihan lokasi yang tepat secara tidak langsung akan mempengaruhi gaya hidup serta sifat belanja dari produk waralaba yang dijual.

4. Kemudahan Akses dan Parkir

Pemilihan lokasi bisnis waralaba dengan kemudahan akses dan parkir ini bukan hanya untuk memberikan ruang gerak yang bebas untuk keluar masuk para konsumen semata, namun karyawan dan supplier juga bisa dengan mudah memberikan pelayanan bagi para konsumen tanpa harus berdesak-desakan.

5. Kompetisi

Kompetisi di dalam dunia bisnis adalah sesuatu hal yang wajar, oleh sebab itu selain mempertimbangkan stategi bisnis yang dilakukan Anda juga harus memastikan pesaing ketika menentukan lokasi bisnis waralaba. Hal ini bertujuan untuk mengatur strategi pemasaran yang hendak dilakukan dalam usaha waralaba ini. Ciptakan nuansa kompetisi yang sehat sehingga akan memicu timbulnya kreativitas satu sama lain bukan sebaliknya.

6. Kedekatan Dengan Bisnis Serta Layanan Lainnya

Tak jarang dalam beberapa kondisi, ekosistem dalam dunia bisnis mampu meningkatkan royalty keuntungan satu dengan lainnya. Misalnya saja ketika Anda memutuskan untuk membuka usaha waralaba kuliner berupa kue balok bersampingan dengan usaha waralaba kursus pendidikan. Hal ini tentunya akan meningkatkan peluang konsumen bisnis waralaba kue balok semakin meningkat.

7. Pastikan Pandangan Mayarakat dan Riwayat Lokasi

Untuk menambah keyakinan Anda dalam menentukan lokasi bisnis waralaba, tak ada salahnya untuk melakukan kroscek terhadap riwayat lokasi atau bangunan kepada masyarakat sekitar. Jika kebetulan lokasi atau bangunan yang hendak Anda jadikan sebagai lokasi bisnis waralaba sama dengan usaha yang akan Anda usung, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengapa bisnis tersebut bisa tutup. Jikalau menurut survey yang Anda lakukan lokasi tersebut kurang memadai untuk menjalankan bisnis waralaba maka Anda bisa memilih lokasi strategis lainnya untuk melancarkan usaha.

8. Masuk dalam zona usaha

Untuk melakukan bisnis waralaba ada ketentuan dan aturan yang wajib untuk Anda ketahui dan patuhi. Seperti misalnya lokasi bisnis waralaba yang Anda pilih masuk kedalam zona merah larangan untuk mengkonsumsi minuman keras, maka sebisa mungkin Anda menghindarinya. Anda juga harus mengetahui beberapa lokasi yang tidak diperbolehkan untuk mendirikan sebuah usaha modern atau pusat perbelanjaan ritel oleh pemerintah.

9. Infrastruktur gedung dan bangunan

Pastikan bahwa lokasi bisnis waralaba yang Anda pilih sudah dilengkapi dengan segala infrastuktur yang memadai serta sesuai dengan infrastuktur yang Anda butuhkan dalam menjalankan bisnis waralaba tersebut. Seperi misalnya saluran air, listrik, internet, telekomunikasi serta sederet infrasuktur lainnya. Nah bagi Anda yang memutuskan untuk membuka bisnis waralaba kuliner sepertinya akan membutuhkan infrastuktur arus listrik yang lebih banyak.

10. Biaya dan Fasilitas

Perlu Anda ketahui bahwasannya bisnis waralaba yang hendak Anda beli merupakan perusahaan profit. Oleh karena itu Anda harus selektif serta melakukan perhitungan yang matang atas biaya sewa yang hendak dikeluarkan. Pastikan bahwa biaya sewa lokasi yang hendak Anda keluarkan masih masuk kedalam anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dengan mengetahui dengan seksama mengenai 10 hal yang harus diperhatikan saat memilih lokasi bisnis waralaba tentunya akan membantu Anda dalam membangun sebuah bisnis waralaba yang mudah dijalankan dengan royalty yang menggiyurkan melalui pemilihan lokasi bisnis waralaba yang tepat.

Demikianlah ulasan mengenai 10 hal yang harus diperhatikan saat memilih lokasi bisnis waralaba kue balok yang wajib untuk Anda ketahui dengan seksama. Dengan pemilihan lokasi yang strategis tentunya peluang kesuksesan serta keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin banyak daripada menjalankan bisnis warabala di lokasi-lokasi yang kurang strategis. Bagaimana, apakah artikel diatas bermanfaat? Jangan lupa share ya bila berguna untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *